Workshop Jurnalisme Warga dan Jurnalisme Konvergen || Common Room, 23 s/d 25 April 2010

 

Workshop Jurnalisme Warga dan Jurnalisme Konvergen

Tempat : Common Room, Jalan Kyai Gede Utama no. 8, Bandung
Tanggal : 23 s/d 25 April 2010
Waktu : Pukul 15.00- selesai (jadwal kegiatan setiap hari terdiri dari beberapa sesi yang berbeda)
Biaya : Umum Rp 50.000, Mahasiswa Rp. 30.000
Fasilitas : Makalah, sertifikat, dan snack
Narasumber: Yasraf Amir Piliang, Santi Indra Astuti, Agus Rakasiwi, Ikhlasul Amal


Latar Belakang
Perkembangan teknologi media dan instrumen komunikasi saat ini telah mengubah wajah dunia jurnalistik sehingga berkembang sedemikian pesat. Sebagai buktinya, dari tahun ke tahun jumlah pengguna internet dan blogger di Indonesia terus meningkat secara tajam. Salah satu dampak yang signifikan dari fenomena ini adalah berkembangnya praktik jurnalisme warga (citizen journalism) dan new media journalism; atau bisa juga disebut sebagai jurnalisme konvergen (convergent journalism).


Dalam hal ini, teknologi internet sebagai sebuah media baru (new media) telah menghadirkan pelbagai bentuk praktik jurnalisme yang tidak kita kenal sebelumnya. Kemunculan fenomena web 2.0, situs jejaring sosial dan praktik jurnalisme warga telah mendorong perkembangan komunitas virtual yang kemudian menjadi paradigma baru di abad teknologi komunikasi. Hal ini setidaknya telah berhasil melahirkan gairah tersendiri dalam aktifitas menyebarkan informasi dan pengetahuan di kalangan masyarakat luas.

Perkembangan di bidang teknologi komunikasi yang beririsan dengan praktik jurnalisme juga telah memungkinkan para pengguna internet untuk menciptakan media secara mandiri. Saat ini masyarakat kebanyakan juga dapat melakukan semua fungsi jurnalistik secara otonom, mulai dari merencanakan dan melakukan liputan, menuliskan hasil liputan, mengedit dan menerbitkan liputan di pelbagai situs atau weblog yang tersedia secara gratis. Dalam konteks ini, dapat dikatakan bahwa semua orang yang memiliki akses terhadap internet sebenarnya bisa menjadi “jurnalis dadakan”, meski tentu saja kualitasnya dapat kita perdebatkan.

Saat ini dapat dikatakan bahwa internet dan media digital merupakan bagian dari proses revolusi di bidang teknologi komunikasi. Kegiatan pemberitaan yang beralih ke tangan orang biasa telah memungkinkan berlangsungnya pertukaran pandangan dan pengetahuan secara lebih cair, spontan dan partisipatif, sehingga memiliki dimensi yang lebih luas dari media konvensional. Dalam ranah jurnalisme warga, seluruh anggota masyarakat dapat menjadi obyek sekaligus subyek berita. Setiap orang bisa berperan sebagai penulis sekaligus penerbit, bahkan dapat menginisiasi komunikasi interaktif antara penulis dengan pembacanya.
Terkait dengan uraian di atas, Common Room Networks Foundation (Common Room) berencana untuk menyelenggarakan workshop intensif di bidang teknologi media dan komunikasi, khususnya dalam ranah jurnalisme warga dan jurnalisme konvergen secara lebih dekat. Selain akan mengurai berbagai aspek yang terkait dengan teori media dalam konteks perkembangan teknologi komunikasi, workshop ini juga akan mengelaborasi berbagai aspek yang terkait dengan metode dan perangkat yang dapat digunakan untuk mengembangkan praktik jurnalisme warga dan jurnalisme konvergen di kalangan masyarakat secara luas.

Materi Workshop
1. Teori Dasar (Yasraf Amir Piliang & Santi Indra Astuti)
  • Pengantar demokratisasi informasi kritis melalui internet dan media digital
  • Perkembangan media dan teknologi di era post-modern
  • Mengenal pengertian dasar jurnalistik
  • Mengenal pengertian jenis-jenis jurnalistik
  • Mengenal pengertian citizen journalism dan convergent Journalism
  • Latar belakang kemunculan citizen journalism dan convergent journalism di Indonesia
  • Mengenal perangkat multimedia untuk kinerja jurnalistik
2. Metodologi Jurnalistik (Agus Rakasiwi/ AJI Bandung)
  • Mengenal metode-metode penulisan straight news, feature, dan opini (views)
  • Mengenal metode peliputan untuk citizen journalism & convergent journalism
  • Menulis untuk web
3. Media Tools (Ikhlasul Amal)
  • Mengenal aplikasi web 2.0 dan piranti lunak bebas
  • Memulai blog jurnalistik
  • Etika dalam memanfaatkan internet dalam memperoleh informasi dan pengetahuan
  • Cara membuat blog, e-Paper, atau e-Book
Peserta kegiatan dibatasi sebanyak 30 orang saja. Apabila ada yang berminat silahkan secepatnya mendaftar melalui Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8. Untuk informasi lebih detail silahkan menghubungi Ibu Nunung di nomor 022-2503404 (jam kerja) atau Idhar Resmadi di nomor 081320160789. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Common Room Networks Foundation (Common Room) dan bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen Bandung (AJI Bandung), Forum Studi Kebudayaan ITB (FSK – ITB), serta didukung oleh HIVOS.

1 komentar:

COMBINE Resources Institution said...

Perkenalkan kami COMBINE Resources Institution (CRI). Kami memiliki ketertarikan sama terhadap isu-isu lokal.

Kami memiliki sebuh situs yang bisa menjadi wadah bagi teman-teman untuk berbagi informasi mengenai komunitas warga di seluruh wilayah nusantara.

Apapun yang terjadi disana, silahkan tulis agar menjadi pegetahuan bagi komunitas-komunitas lainnya di seluruh Indonesia.

Situs ini berbentuk portal berita, yang ditulis oleh anggota-anggotanya yang merupakan jurnalis warga. Siapapun bisa menulis di sana.

Klik http://suarakomunitas.net/ untuk bergabung dengan ribuan jurnalis warga lainnya di seluruh negeri.

Inilah cara kita mengangkat persoalan akar rumput agar didegar para pengambil kebijakan di pucuk sana.

Mari bergabung dan berbagi berita di Suara Komunitas!

Salam,
CRI
combine.or.id

Post a Comment